Teknik Membekukan Gerakan dengan Shutter Priority

Teknik Membekukan Gerakan dengan Shutter Priority – Salah satu teknik yang bisa Anda gunakan untuk memotret objek yang sedang bergerak adalah dengan menggunakan mode shutter priority. Anda bisa membekukan gerakan objek dengan cara menambah atau mengurangi shutter speed. Besarnya shutter speed yang digunakan untuk membekukan gerakan objek tidak bisa dipastikan, sangat bergantung pada momen dan juga kecepatan objek. TeknikĀ  membekukan gerakan dengan shutter priority biasa dilakukan untuk sport photography. Gerakan objek yang sangat cepat bisa Anda tangkap dengan melakukan pengaturan pada shutter speed. Semakin cepat gerakan objek yang akan Anda potret, maka semakin cepat shutter speed yang dibutuhkan. Anda bisa melakukan setting kamera pada mode shutter priority, auto ISO, dan fokus pada posisi continous.

Teknik Membekukan Gerakan Dengan Shutter Priority

Salah satu kondisi pemotretan yang memerlukan teknik membekukan gerakan dengan shutter priority adalah ketika Anda memotret orang yang sedang jogging. Dengan shutter speed 1/400 detik sudah cukup untuk membekukan gerakan orang yang jogging. Karena gerakan jogging tidak begitu cepat, maka shutter speed yang dibutuhkan juga tidak terlalu tinggi. Lain hanlnya jika Anda memotret gerakan burung yang terbang, Anda membutuhkan shutter speed sebesar 1/800 detik pada posisi Anda sedang diam dan burung terbang tidak begitu cepat. Jika Anda memotret orang yang berlari, pastinya shutter speed yang dibutuhkan sangat tinggi berkisar 1/5000 detik. Membekukan gerakan objek bukanlah hal yang susah jika Anda mengetahui tekniknya dan juga pengaturan menu pada kamera yang pas.

Teknik membekukan gerakan dengan shutter priority sangat dipengaruhi oleh beberapa hal. Diantaranya seperti kecepatan objek yang akan kita potret, semakin cepat gerakan objek maka semakin cepat pula shutter speed yang dibutuhkan. Jika Anda memotret objek dalam keadaan bergerak mendekati objek maka shutter speed yang dibutuhkan juga semakin cepat. Jarak antara Anda dengan objek pun sangat mempengaruhi shutter speed yang dibutuhkan. Jika jarak antara Anda dengan objek sangat dekat, maka shutter speed yang dibutuhkan untuk membekukan objek juga semakin tinggi.

Category: Kamera
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!