Tips Memotret Pada Situasi Backlit Cahaya Matahari

Tips Memotret Pada Situasi Backlit Cahaya Matahari – Fotografi merupakan salah satu seni yang berkaitan dengan cahaya. Hasil foto yang dihasilkan sangat bergantung pada cahaya baik dari cahaya alami yang berasal dari sinar matahari maupun cahaya buatan. Pastinya anda pernah mendengar foto backlit. Jenis foto dengan background berupa cahaya yang terang memang akan menghasilkan foto yang bagus dan berdimensi apalagi jika foto potret backlit dengan cahaya matahari. Foto backlit memang banyak dipraktikkan oleh para fotografer baik pemula maupun profesional. Jenis foto ini akan mengahasilkan foto yang indah apabila digabungkan dengan teknik foto potrait sehingga menghasilkan foto subjek yang berdimensi dengan background berupa sinar matahari yang halus.

Tips Memotret Pada Situasi Backlit Cahaya Matahari

Ada beberapa cara untuk menghasilkan foto potret backlit dengan cahaya matahari yang bagus. salah satunya adalah Anda harus memposisikan subjek sehingga cahaya matahari tepat berada dibelakang subjek. Memposisikan cahaya matahari dibelakang subjek akan menghindarkan wajah subjek terkena sinar matahari, karena jika wajah terkena sinar matahari langsung dengan intensitas yang tinggi akan menyebabkan detail wajah subjek hilang. Atur mode metering pada spot metering dan arahkan titik fokus pada wajah subjek agar foto yang dihasilkan lebih fokus pada wajah subjek.  Dengan latar belakang subjek berupa cahaya matahari yang terang, pastinya akan membuat bagian wajah subjek menjadi gelap. Jadi Anda harus pastikan pengaturan exposure pada kamera sudah pas agar wajah subjek tidak gelap.

Jika Anda menggunakan mode aperture priority maka akan dihasilkan foto yang keseluruhan terang, wajah subjek yang semula gelap akan menjadi terang sementara background yang semula terang akan bertambah terang. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan kompensasi eksposure. Dengan menggunakan mode ini maka kamera akan secara otomatis menaik turunkan eksposure sesuai dengan mode metering pada kamera. Teknik foto potret backlit dengan cahaya matahari bisa Anda praktikkan dengan melakukan pengaturan pada kamera Anda. Menggunakan teknik backlit di atas bisa menghasilkan foto potrait yang berdimensi dengan background cahaya matahari yang memberi efek cahaya yang lembut.

Category: Kamera
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!